Berita

    Ketahui Hal Yang Perlu Dicek Dari Wiper Mobil Agar Bekerja Secara Maksimal Pada Musim Hujan

    Wiper mobil adalah salah satu komponen penting bagi mobil. Itulah mengapa Anda harus cek wiper mobil apakah bekerja dengan baik atau tidak. 

    Bila tidak, maka pandangan akan terhalang saat berkendara di musim hujan karena banyaknya air di kaca depan yang tidak bisa disapu dengan baik. Tentu hal ini bisa menyulitkan sopir saat berkendara.

    Tak hanya itu saja, kesulitan melihat jalan juga bisa menyebabkan kecelakaan. Maka dari itu, inilah cara untuk mengeceknya yang bisa Anda simak demi keselamatan Anda.

    Cara Cek Wiper Mobil yang Benar

    Ada berbagai hal yang perlu dicek dari wiper mobil dimusim hujan. Berikut diantaranya:

            1. Karet yang Sudah Kaku

    Kondisi karet sangat berpengaruh pada kinerja wiper itu sendiri. Bila karet sudah berusia cukup lama, yaitu lebih dari dua tahun, maka akan berpotensi menjadi kaku atau getas. 

    Tak hanya itu saja, mobil yang sering diparkir di bawah sinar matahari langsung juga dapat membuat karet cepat kaku.

    Akibat kekakuan karet ini, maka ia tidak bisa menyapu air dengan baik. Di samping itu, karet yang terlalu kaku juga bisa menggores kaca mobil. Itulah mengapa, segera ganti karet jika sudah kaku.

            2. Karet yang Tidak Lentur

    Kelenturan karet juga menjadi hal yang perlu dicek dari wiper mobil dimusim hujan. Jika tidak lentur, maka air hujan pada kaca mobil akan sulit disapu dengan bersih. Kotoran yang menciprat pun juga masih akan berbekas di sana.

    Oleh sebab itu, segeralah untuk mengganti karet wiper jika mulai tidak lentur. Pastikan juga kelenturan karet bisa mengikuti bentuk kaca mobil yang cembung.

            3. Karet yang Sobek

    Kondisi ini sering dialami oleh banyak mobil. Namun sayangnya, para pemilik kerap mengabaikannya. Padahal sobek pada karet bisa mempengaruhi tingkat kebersihan wiper itu sendiri ketika menyapu air.

    Jadi, periksalah apakah ada bagian yang sobek. Jika cukup banyak atau parah hingga mengganggu kinerja wiper, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

            4. Usia Karet

    Salah satu hal yang perlu dilakukan saat cek wiper mobil adalah memastikan usia karet itu sendiri. Semua benda pasti mempunyai usia pemakaian, termasuk karet wiper. Pada umumnya, karet wiper bisa bertahan hingga dua tahun.

    Namun bisa saja karet mobil Anda berumur lebih muda atau lebih tua dari itu. Perhatikan saja bila ia sudah tidak bisa menyapu air dengan bersih, maka sudah waktunya wiper diganti.