Berita

    Mengenal Apa Itu Poros Engkol serta Fungsinya

    Sudahkah Anda tahu apa fungsi poros engkol yang ada di mobil Anda? Poros engkol ini menjadi salah satu dari komponen mesin yang memiliki peran sangat penting namun seringkali tidak dipahami oleh pengguna mobil. 

    Poros engkol bisa Anda temukan di bagian paling bawah dari blok silinder. Posisinya berada di dekat carter oli mesin. Mari cari tahu apa sebenarnya poros engkol itu dan fungsi yang dijalankan. 

    Fungsi Poros Engkol 

    Poros engkol menjadi salah satu komponen mesin yang akan langsung berhubungan dengan roda. Lewat komponen inilah mobil Anda bisa berjalan secara seimbang baik di medan yang rata maupun tidak. 

    Perlu diketahui bahwa poros engkol adalah komponen yang menjadi pusat dari semua gerakan piston sebuah mobil. Jadi bisa dibayangkan betapa pentingnya posisi dari poros engkol itu sendiri. 

    Ada beberapa fungsi penting yang sebenarnya dijalankan oleh komponen ini. Berikut fungsi poros engkol yang penting untuk Anda ketahui sebagai pengguna mobil:

    • Menjadi Poros Gerakan

    Komponen ini akan menjadi poros gerakan dan memacu gerakan mesin mobil Anda. Poros engkol atau kruk merupakan tumpuan utama dari mesin dan memiliki peran yang sangat krusial. 

    Tidak hanya itu komponen ini juga akan menahan gerakan atau getaran tinggi yang dihasilkan oleh mobil. Itulah mengapa poros engkol punya peran penting untuk menjaga komponen lain tetap ada di tempatnya. 

    • Menjalankan Peran Connecting Road

    Fungsi lain dari poros engkol adalah menjalankan peran sebagai connecting road. Di sini poros engkol memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menerima beban besar dari mobil. 

    Demi menopang beban yang berat tersebut, poros engkol juga akan diimbangi oleh kinerja perputarannya yang cukup tinggi. Itulah mengapa komponen ini sangat penting untuk mobil Anda. 

    • Sistem Pemindah Tenaga

    Poros engkol juga berfungsi sebagai bagian dari sistem pemindah tenaga. Tidak heran jika bentuk dan desain komponen ini dibuat sangat detail karena memang berperan penting dalam sistem pemindah tenaga di mobil Anda. 

    Komponen ini akan mengubah pergerakan poros yang awalnya naik turun jadi berputar. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pergerakan serta pemakaian performa mesin mobil itu sendiri. 

    Namun perlu diketahui bahwa pergerakan poros engkol ini tidak terlihat dengan jelas. Hanya saja komponen ini tetap akan bergerak mendorong mobil melaju secara stabil di berbagai jenis jalan. 

    Bagian-Bagian Poros Engkol