Berita

    Ternyata Ini Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil.

    Stabilizer Link terbuat dari bahan besi logam yang kokoh dan berukuran panjang, menjadi penghubung antara suspensi atau kaki-kaki mobil. Bahannya yang kokoh dan kuat tentu membuatnya lebih awet. 

    Dengan adanya komponen ini dapat menjaga stabilitas bagian bawah dan roda mobil. Supaya saat mobil melakukan manuver tidak terjadi fenomena mobil yang limbung. 

    Selain itu, memangnya apa saja fungsi stabilizer bagi mobil? Simak ulasannya di bawah ini!

    Fungsi Stabilizer Link Bagi Mobil Anda

    Stabilizer menjadi penyambung antara suspensi bagian kiri dan suspensi kanan pada kendaraan Anda. Batang stabilizer yang kokoh akan membuat mobil Anda jadi lebih nyaman saat melewati jalanan yang terjal, apalagi ketika sedang melakukan manuver. 

    Berikut ini akan dibahas fungsi serta manfaat apa saja yang diberikan oleh komponen yang satu ini bagi kendaraan Anda. 

    • Menghubungkan Stabilizer Bar dengan Suspensi 

    Berikut ini adalah fungsi link stabilizer yang utama, menjadi perantara yang menghubungkan stabilizer bar dengan komponen suspensi di kaki mobil. Stabilizer bar jadi bisa terhubung dengan lower arm maupun dengan shock absorber. 

    Untuk mendukung fungsi yang satu ini, ada beberapa tipe link stabilizer yang biasanya dipakai pada kendaraan-kendaraan di masa kini. Pertama ada tipe bushing, komponen satu ini memakai karet bushing yang dililitkan di lower arm. Biasanya sering dipakai di tipe suspensi double wishbone.

    Kedua adalah tipe joint blushing yang susunannya mirip tusuk sate namun terbuat dari karet-karet yang kokoh. Untuk link stabilizer jenis ini akan Anda jumpai pada tipe suspensi MacPherson.

    Ketiga adalah tipe joint link, yang menjadikan joint ball untuk menyambungkan stabilizer bar ke shock absorber. Pada umumnya Anda akan menemukan pemakaian tipe ini di suspensi MacPherson dan Double wishbone.

    • Memastikan Kinerja Stabilizer Bar

    Dengan adanya stabilizer link pada bagian bawah kendaraan, maka dapat memastikan kinerja stabilizer bar di setiap roda kendaraan. Saat roda kendaraan mengalami belokan pada sudut yang maksimal, shock absorber biasanya akan ikut mengalami putaran sudut. 

    Alhasil stabilizer bar akan mengalami pergeseran, di sinilah link stabilizer menunjukkan kinerjanya. Mengontrol supaya stabilizer bar bisa bekerja dengan maksimal di semua sudut roda. 

    • Meredam Guncangan Suspensi