Berita

    Tips Fokus Selama Berkendara dan Menghindari Gangguan

    Setiap pengemudi mobil tentu saja perlu menjaga fokus ketika sedang berkendara. Berbagai tips mengemudi dapat diterapkan dalam hal ini, supaya tetap bisa menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

    Apa saja hal yang perlu diperhatikan supaya bisa tetap fokus saat berkendara? Intip artikel ini untuk penjelasan lebih lengkapnya dan pastikan Anda selalu aman dalam mengemudi!

    Tips Mengemudi: Menjaga Fokus Berkendara

    Ketika sedang dalam perjalanan, mungkin saja ada berbagai hal yang dapat mengganggu fokus, mulai dari kondisi fisik pengendara hingga kondisi di sekitarnya. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai risiko, misalnya kecelakaan lalu lintas.

    Maka dari itu, ada hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan dan ikuti supaya tetap aman dalam berkendara. Berikut adalah tips supaya bisa menjaga fokus dengan baik selama mengemudi.

    • Segera Menepi Jika Mulai Mengantuk

    Faktor yang paling sering menyebabkan berkurangnya fokus yaitu ketika pengemudi mulai mengantuk. Hal ini juga yang bisa menjadi penyebab terjadinya berbagai jenis kecelakaan lalu lintas.

    Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak menyetir dalam keadaan mengantuk. Anda bisa minum kopi atau mengunyah permen untuk mengatasi kantuk ketika berkendara.

    Namun, jika penyebab kantuk tersebut adalah karena kelelahan, maka hal tersebut mungkin saja hanya menjadi solusi sementara.

    Apabila memang sudah merasa mengantuk dan tidak bisa dicegah, ada baiknya segera menepi. Anda dapat istirahat atau tidur terlebih dahulu, sebelum nantinya kembali melanjutkan perjalanan.

    • Usahakan Tidak Makan Sambil Mengemudi

    Bagi sebagian orang, mungkin merupakan hal biasa untuk makan sambil mengemudi, terlebih jika sedang dalam kondisi terburu-buru.

    Namun, hal ini sebaiknya tidak dilakukan, karena sangat memungkinkan untuk mengurangi fokus berkendara. Jika Anda menyetir sambil makan, maka hal tersebut dapat mengurangi perhatian terhadap kondisi jalan di sekitar.

    iStock

    Hal ini akan menjadi semakin berisiko ketika ada makanan yang tumpah atau berceceran, maka bisa jadi Anda secara reflek mengutamakan hal tersebut dan semakin mengurangi fokus berkendara.

    • Lakukan Pembatasan Jumlah Penumpang

    Tips mengemudi yang berikutnya untuk tetap menjaga fokus berkendara yaitu dengan membatasi jumlah penumpang.