Berita

    Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Aman

    Mesin mobil adalah komponen vital yang membutuhkan perawatan rutin. Salah satu aspek utama dari perawatan ini adalah menjaga mesin tetap bersih dan terawat dengan benar.

    Ada beberapa langkah membersihkan yang perlu Anda ikuti agar mesin pada mobil mampu memberikan kinerja yang maksimal. Berikut penjelasan lengkapnya!

    11 Cara Menjaga Kebersihan Mesin Mobil

    Terdapat 11 cara yang aman untuk membersihkan berbagai bagian mesin pada mobil Anda. Berikut adalah daftar dan penjelasannya:

    • Bersihkan Mesin pada Area yang Tidak Terpapar Sinar Matahari Langsung

    Tempat yang ideal untuk membersihkan mesin adalah area yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

    Pasalnya, ada beberapa komponen yang berbahan plastik dan karet. Mereka bisa melar dan rentan terhadap kerusakan ketika terpapar langsung oleh sinar matahari.

    • Hangatkan Mesin Sebelum Memulai Pembersihan

    Panaskan mesin selama sekitar 15 menit terlebih dahulu sebelum mulai membersihkan. Tujuannya adalah untuk melonggarkan Kotoran yang sulit dihilangkan pada permukaan mesin.

    • Mulai Setelah Mesin Mendingin

    Setelah memanaskan mesin, tunggu hingga mesin mendingin (setidaknya 30 menit). Hal ini penting untuk keselamatan Anda dan juga untuk mencegah kerusakan pada mesin.

    Jika mesin masih panas saat proses pembersihan, hal ini bisa berisiko merusak komponen mesin atau bahkan bisa menyebabkan luka bakar.

    • Mengatasi Kotoran dan Debu yang Ada

    Anda bisa memakai kuas atau sikat untuk menghilangkan kotoran dan debu. Mulailah dari permukaan mesin dan lanjutkan ke setiap sudut mesin. Jika Anda ingin proses ini jadi lebih efisien, Anda dapat menggunakan hairdryer atau blower.

    • Lepaskan Dulu Aki Mobil

    Sebelum memulai proses pembersihan dengan air, lepaskan dulu aki mobil. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan arus listrik yang tidak terkontrol.

    Selain itu, gunakan aluminium foil, kain, atau plastik untuk menutupi beberapa perangkat elektronik yang ada di mesin mobil agar tidak terkena air.

    • Perhatikan Area Bawah Tutup Mesin

    Selanjutnya, gunakan air yang telah disediakan untuk mulai membersihkan mesin. Area di bawah tutup atau kap mesin merupakan langkah pertama.

    Gunakan kuas atau sikat dan cairan pembersih mesin untuk membersihkan area ini. Setelah itu, bilas dengan air dan pakai lap untuk mengeringkannya.

    • Fokus pada Area Depan Mesin