Berita

    Mobil Anda Kecil? Ini Tips Mudik agar Tetap Nyaman

    Salah satu tips mudik agar tetap nyaman jika menggunakan mobil yang berukuran kecil seperti city car adalah bijak dalam membawa barang. Selain itu, jumlah penumpang pun harus sesuai dengan kapasitas mobil. 

    Jika tidak, perjalanan panjang Anda akan terasa menyiksa karena keterbatasan ruang gerak akibat terlalu banyak membawa penumpang dan barang. Sebenarnya, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin mudik menggunakan mobil? Begini caranya!

    Tips Mudik agar Tetap Nyaman Menggunakan Mobil Kecil

    Rasa lelah ketika harus mengemudi dalam waktu lama akan terbayarkan ketika sudah bertemu dengan keluarga besar. Meskipun mudik menggunakan mobil berukuran kecil tidak akan masalah, bahkan terasa menyenangkan apabila menerapkan berbagai tips berikut:

    • Pemilihan Mobil

    Tips yang pertama adalah memilih unit yang tepat untuk mudik. Pilihlah city car yang ruang kabinnya cukup luas dan memiliki fitur keselamatan yang lengkap. 

    Beberapa city car dari Suzuki yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah Suzuki New Baleno, Suzuki Splash, Suzuki Ignis, dan Suzuki Celerio. 

    • Menyiapkan Anggaran 

    Sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda harus menyiapkan anggaran jauh-jauh hari sebelumnya. Sebab, anggaran mudik dengan menggunakan mobil terbilang cukup besar. 

    Selain harus menyiapkan kondisi fisik, Anda pun harus menyiapkan berbagai kebutuhan selama libur lebaran seperti uang bensin, penginapan, uang makan, dan lain-lain. 

    • Perhatikan Kondisi Mobil 

    Selain menentukan jenis mobil dan menyiapkan anggaran, Anda juga harus memastikan kondisi kendaraan. 

    Pastikan semua bagian dalam kondisi prima, seperti lampu, rem, ban, kopling, oli, air radiator, air wiper, dan lain sebagainya! Bila perlu, servis city car Anda ke bengkel Suzuki terdekat!

    • Pastikan Jumlah Penumpang dan Barang Tidak Melebihi Kapasitas Mobil

    Tips mudik agar tetap nyaman yang berikutnya adalah memastikan bahwa jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas mobil. Ini berlaku juga dengan jumlah barang yang akan dibawa. 

    Meskipun ruang kabin city car yang Anda miliki luas, namun usahakan barang yang dibawa tidak menumpuk terlalu tinggi. 

    Sebab, kondisi tersebut akan menghalangi pandangan pengemudi saat akan mengecek kondisi jalanan di belakang kendaraan melalui kaca spion. 

    • Manfaatkan Roof Rail

    Apabila terpaksa membawa barang dengan jumlah yang banyak atau yang ukurannya besar, Anda bisa menambahkan roof rail atau roof box pada city car. Meskipun demikian, pastikan barang yang akan diletakkan di atap mobil tidak lebih dari 100 kg. 

    roof box

    Sebab, jika beban terlalu berat dikhawatirkan akan merusak bagian atap. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat handling terasa lebih berat sehingga pengemudi susah untuk mengendalikannya. 

    • Siapkan Kondisi Fisik

    Perjalanan jauh saat mudik dengan mobil pastinya akan menguras tenaga. Untuk itu, Anda harus menyiapkan kondisi fisik sebaik mungkin agar selama perjalanan tidak mudah lelah. 

    Pastikan untuk makan makanan bergizi, konsumsi vitamin, dan beristirahat dengan cukup sebelum mengemudi!

    • Pelajari Rute

    Sebelum mudik, tidak ada salahnya jika Anda mempelajari rute yang akan dilewati. Selain bertujuan untuk membuat perjalanan menjadi lebih lancar, Anda juga bisa menyiapkan rute alternatif agar tidak terjebak macet. 

    • Pastikan Bahan Bakar Terisi Penuh

    Jangan lupa untuk mengisi penuh bahan bakar city car Anda. Ini untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar di perjalanan akibat jarak pom bensin yang sangat jauh bila di daerah atau karena terjebak kemacetan yang parah dan lama. 

    • Siapkan Semua Perlengkapan Anak

    Untuk mencegah anak agar tidak rewel selama perjalanan, pastikan Anda membawa semua kebutuhan anak secara lengkap. Seperti, makanan, minuman, mainan, tissue, diapers, dan lain sebagainya. 

    Mudik dengan menggunakan mobil akan terasa menyenangkan jika semua yang diperlukan telah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Ingat, servis city car Anda sebelum mudik ke bengkel resmi Suzuki terdekat.