Berita

    Ketahui Berbagai Jenis Servis Berkala Mobil agar Performa Kendaraan Tetap Terjaga

    Sebagai seorang pemilik kendaraan, kita bukan hanya harus mengetahui cara mengendarainya, tetapi kita juga harus tahu langkah perawatannya. Service mobil pada dasarnya merupakan pemeliharaan dalam jangka waktu tertentu. 

    Service ini bisa ditentukan sesuai dengan jarak mobil, atau waktu tertentu. Setiap produsen mobil, umumnya sudah menentukan interval service dengan cara memberi rekomendasi jadwal service, agar pengendara dapat mengendarai kendaraannya dengan nyaman serta aman.

    Jenis Service Mobil

    Service dibagi menjadi beberapa jenis, bergantung dari jenis pekerjaan yang dimiliki. Berikut berbagai jenisnya, antara lain:

            1. Service Berkala 1000 Km

    Umumnya, pada mobil yang baru saja dibeli, service berkala 1000 km ini mulai dari pengecekan menyeluruh di chassis dan body. Kemudian, mekanik juga akan melakukan pengecekan pada sistem pendinginan mesin, rem transmisi, power steering dan lainnya. 

    Service ini begitu diperlukan karena mobil yang keluar dari dealer, sehingga bengkel akan melakukan pengecekan, apakah seluruh mesin bekerja dengan normal. 

            2. Service Dasar

    Berikutnya adalah service dasar. Umumnya, jenis service ini dilakukan ketika sudah menempuh jarak 30 ribu km, atau dalam 1 tahun pertama. Bergantung dari mana yang dicapai dahulu. Biasanya, service dasar akan dilakukan perawatan mulai dari penggantian filter oli, penggantian oli. 

    Kemudian, sejumlah komponen utama mobil juga dilakukan pemeriksaan mulai dari ban, lampu, wiper kaca depan dan lainnya. pelumasan di semua komponen bergerak juga dilakukan. Selain itu, mekanik juga akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar dapat mengecek apakah terdapat kebocoran atau tidak. 

            3. Service Menengah

    Jenis service mobil yang lainnya adalah service menengah. Service ini umumnya dilakukan ketika sudah menempuh jarak 20 ribu km. Beda dengan service sebelumnya, biasanya service ini dilakukan untuk mengganti filter bahan bakar, filter udara, mengganti busi, memeriksa rem, komponen kelistrikan dan lainnya. 

            4. Service Lanjutan

    Terakhir adalah service lanjutan. Biasanya service ini dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 24 ribu km berikutnya. Di tahap ini, biasanya mobil juga akan melakukan tune up sehingga dapat mengembalikan performa mesin yang mengalami penurunan. 

    Bukan hanya itu, di tahap ini, service akan dilakukan dengan menyeluruh seperti diagnose busi, kompresor, pengecekan oli mesin, hingga sistem canister. Jika terdapat komponen yang aus atau rusak, Anda dapat segera melakukan penggantian agar performa mobil kembali baik. 

    Biaya Service