Berita

    Ketahui 5 Penyebab Kaca Mobil Tiba-Tiba Tidak Berfungsi

    Kaca mobil yang sulit dibuka ataupun ditutup menjadi hal yang menyebalkan. Terlebih jika kaca mobil mengalami kerusakan pada kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan, seperti hujan deras dan ingin membayar tol.

    Jika Anda mengalami kaca mobil tidak berfungsi secara tiba-tiba, tak perlu khawatir. Tenangkan terlebih dahulu diri Anda. Artikel ini akan menjelaskan penyebab sekaligus cara mengatasi permasalahan pada kaca mobil yang macet.

    Penyebab Kaca Mobil Tiba-Tiba Tidak Berfungsi

    Anda harus mengetahui penyebab kaca mobil yang tidak berfungsi secara tiba-tiba gak nyaman selama berkendara dan tetap aman di perjalanan. 

            1. Permasalahan Pada Power Window

    Power window adalah bagian elektronik yang berfungsi menaik-turunkan kaca secara otomatis. Letaknya berada di setiap pintu mobil. Power window yang bermasalah menjadi salah satu penyebab kaca mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya, kaca mobil menjadi sulit dinaikkan atau diturunkan.

    Beberapa bentuk kerusakan pada power window yang umum terjadi diantaranya terjadi korsleting pada fuse atau sekring. 

            2. Motor Pada Power Window Lemah

    Penyebab selanjutnya adalah melemahnya motor pada power window. Salah satu penyebabnya adalah gerigi pada mengalami aus sehingga kaca tidak bisa naik dan tidak bisa turun.

    Cara memperbaikinya adalah mengganti komponen ini dengan yang baru agar kaca dapat bekerja kembali seperti semula. 

            3. Dinamo Power Window Rusak

    Dinamo pada power window berfungsi untuk menggerakan regulator agar kaca bisa naik dan turun. Letaknya berada di balik door trim mobil. Rusaknya dinamo pada power window menyebabkan kaca mobil tidak berfungsi secara maksimal.

            4. Dudukan Regulator Kaca Mobil Lepas

    Regulator kaca ini berfungsi untuk menggerakkan kaca bersamaan dengan motor power window. Masalah kerusakan yang sering terjadi adalah aus pada bagian gerigi.

            5. Kaca Mobil Tidak Dirawat

    Kaca mobil yang jarang dibersihkan akan meninggalkan debu pada sela-sela kaca. Jika tidak rajin dibersihkan, debu tersebut akan menumpuk yang kemudian menyebabkan kaca mobil sering macet.

    5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Tidak Berfungsi