Berita

    Pentingnya Spooring dan Balancing Sebelum Perjalanan Mudik

    Roda menjadi satu-satunya bagian mobil yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan saat melaju. Kestabilan dan kenyamanan saat berkendara amat tergantung dari setelan roda mobil.

    Oleh karena itu, bagian roda dan kaki-kaki perlu dapat perhatian lebih dengan memanfaatkan spooring dan balancing. Pada prinsipnya, layanan ini mengembalikan setelan roda seperti semula agar nyaman dikendalikan dalam kecepatan berapapun.

    Penggunaan mobil dalam waktu yang lama akan mengubah kedudukan empat roda. Walaupun tidak dapat melihatnya secara langsung, tapi kamu dapat merasakannya lewat performa mobil.

    Nah, spooring bertujuan untuk meluruskan kembali posisi empat roda ini seperti pengaturan awal pabrik. Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan kembali. Oleh sebab itu, jika kamu mengganti bagian mobil yang berkaitan dengan setir ini, spooring perlu dilakukan.

    Selain hal di atas, kapan harus melakukan spooring? Berikut kondisi mobil yang mengharuskan kamu untuk segera melakukan spooring.

    1. Jika merasa permukaan ban tidak rata, misalnya ada benjolan ini artinya sistem suspensi pada mobil kamu sedang mengalami masalah. Ini bisa saja terjadi pada salah satu sisi ban maupun semuanya.
    2. Mungkin saat melihat keempat ban mobil kamu tidak sejajar dalam posisi diam. Misalnya ketika diparkir, kamu merasa roda miring atau roda depan tidak lurus dengan yang belakang. Ini menandakan posisi salah satu ban tergeser dari tempat semula.

       
    3. Ketika merasa tidak nyaman ketika menyetir. Entah mobil terasa lebih susah dikendalikan atau merasa mobil berbelok dengan gerakan yang tidak wajar.

      Bahkan ketika berkendara di permukaan aspal yang halus, kamu merasakan getaran yang mengganggu, itu tandanya mobil kamu perlu dibawa ke bengkel resmi terdekat untuk di-spooring.

    Sesuai namanya, proses Balancing lebih ke menyeimbangkan ban mobil. Balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Setelah mengganti ban atau velg, mobil perlu di-balancing agar putaran bannya tetap seimbang.

    Juga sama seperti motor yang memerlukan perawatan khusus setelah mencapai batas kilometer tertentu, mobil juga demikian. Jika sudah mencapai batas kilometernya maka perlu dilakukan yang namanya balancing ini.

    Tentunya setiap mobil memiliki batas kilometer yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik mobil itu sendiri. Tidak seperti tune up, spooring dan balancing tidak harus dilakukan secara berkala, tapi ketika hanya dianggap perlu dilakukan.