Berita

    Ketahui Tips Mengemudi di Malam Hari dengan Aman

    Mengemudi di malam hari bukan suatu hal yang mudah. Ketika harus memacu mobil di malam hari, Anda harus berkendara dengan pencahayaan minim. Oleh sebab itu konsentrasi tinggi sangat diperlukan ketika Anda harus mengendarai mobil pada malam hari. 

    Sayangnya, tidak sedikit pengendara yang acuh dan menganggap mengemudi pada malam hari sama seperti mengemudi saat siang hari. 

    Tips Mengemudi di Malam Hari Agar Aman

    Perjalanan yang harus ditempuh saat malam hari berbeda ketika siang hari. Ada berbagai macam faktor yang dapat membuat perjalanan lancar atau tidak. Berikut tips yang harus Anda perhatikan saat berkendara malam, antara lain:

            1. Pastikan Tubuh Sedang Fit

    Ketika mengendarai mobil saat malam hari, tubuh harus fit. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa berkonsentrasi dengan baik ketika menempuh perjalanan. Bila tubuh sedang tidak bugar dan lelah, lebih baik Anda menyewa jasa sopir. 

    Tubuh fit bahkan menjadi modal utama yang harus dimiliki saat menyetir di malam hari. Lebih-lebih bila mengingat energi yang digunakan untuk fokus menyetir begitu besar. Contohnya mulai dari melihat jalanan dengan pencahayaan minim, serta mengoperasikan lampu.

    Seluruh aktivitas tersebut memerlukan energi serta tubuh yang bugar. Terlebih jika Anda harus berkendara dengan jarak yang jauh. 

            2. Kenakan Kacamata Anti Reflektif

    Kacamata anti reflektif dapat Anda gunakan untuk menunjang performa berkendara yang Anda lakukan. Lapisan ini digunakan untuk meredam serta menghambat cahaya yang tidak dibutuhkan. 

    Dengan menggunakan kacamata ini, cahaya akan diteruskan, selain itu pandangan Anda ketika melihat jalanan di depan juga menjadi lebih jelas. 

            3. Hindari Sembarangan Mengoperasikan Lampu Utama

    Lampu utama mempunyai 2 pilihan sorotan yang bisa digunakan ketika memacu mobil di malam hari, yakni sorot rendah dan lampu jauh. pastikan menggunakannya dengan bijak. 

    Hal ini disebabkan karena penggunaan yang tidak tepat dapat mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain. Gunakan lampu jauh saat harus menempuh jalanan yang minim cahaya, sedangkan lampu rendah ketika bertemu dengan pengendara lain. 

            4. Selalu Cek Kaca Spion

    Sebelum Anda mengemudi di malam hari, lebih baik cek kaca spion terlebih dulu. Anda bisa mengecek kebersihan kaca spion sampai penempatannya. Kaca spion menjadi komponen penting yang akan meningkatkan keamanan ketika berkendara.