Berita

    Simak Fungsi Connecting Rod Atau Batang Seher Pada Mobil

    Jika Anda seorang pecinta otomotif, maka Anda pasti paham setiap bagian komponen dalam mesin mobil memiliki peran atau fungsi yang berbeda-beda namun sama pentingnya.

    Salah satunya adalah connecting rod atau juga dikenal sebagai batang piston, atau yang termasuk komponen penting dalam mesin mobil. Ya, meskipun terlihat kecil dan sederhana, batang piston ini cukup vital dalam mentransfer tenaga dari piston ke poros engkol.

    Artikel ini akan membahas tentang fungsi, kinerja, hingga bagian utama dari batang piston pada mesin mobil.

    Apa Saja Bagian Utama dan Fungsi Connecting Rod?

    Batang piston ini berfungsi sebagai penghubung antara piston dan poros engkol. Ada beberapa fungsi penting lainnya, antara lain:

    • Untuk Mentransfer Tenaga

    Batang piston akan mentransferkan tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar didalam silinder ke poros engkol. Saat piston bergerak naik dan turun didalam silinder, maka batang piston akan mengubah gerakan lurus piston menjadi gerakan putar pada poros engkol. 

    Nah, gerakan rotasi ini akan memungkinkan tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran dialirkan ke poros engkol.

    • Mengubah Gerakan Lurus jadi Gerakan Putar

    Connecting rod akan memungkinkan perubahan arah gerakan dari gerakan lurus piston menjadi gerakan rotasi pada poros engkol. Nah, gerakan rotasi ini diperlukan untuk dapat menggerakkan komponen lain pada sistem penggerak, seperti roda penggerak melalui transmisi.

    • Mendistribusikan Beban

    Batang piston akan mendistribusikan beban yang dihasilkan oleh pembakaran secara merata diantara semua silinder dalam mesin. 

    Tentunya dengan bantuan dari batang piston, tenaga yang dihasilkan oleh setiap piston dapat diintegrasikan dan digunakan secara efisien untuk menghasilkan tenaga dorong yang seimbang dan merata pada poros engkol.

    • Untuk Menyelaraskan Gerakan Piston

    Selain membantu agar gerakan piston yang kompleks dengan gerakan rotasi poros engkol tetap selaras, batang piston juga berfungsi untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan pada sistem penggerak mesin dan juga untuk mengurangi terjadinya getaran dan keausan yang berlebihan dalam komponen mesin.

    • Untuk Menahan Beban Torsional

    Karena dirancang dan dibuat dengan kekuatan yang cukup untuk menahan torsional yang tinggi, maka batang piston akan tetap kokoh untuk menghindari kegagalan struktural yang berpotensi merusak mesin.

    Bagian Utama Batang Piston