Berita

    Tips Aman Menderek Mobil yang Mogok

    Saat terjebak dalam situasi darurat dimana Anda perlu mengusahakan derek mobil untuk orang lain, apa yang harus dilakukan? Tentunya ada cara khusus yang perlu diikuti agar proses menderek berjalan lancar. 

    Anda mungkin harus menderek saat menemui mobil orang lain mogok dan tidak bisa berjalan sendiri. Mari ikuti beberapa tips berikut ini agar Anda bisa menderek tanpa merusak mobil sendiri maupun mobil yang diderek. 

    Tips Derek Mobil yang Aman

    Sebenarnya tidak perlu panik jika Anda harus menderek kendaraan orang lain. Hanya saja Anda tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi kerusakan selama proses menderek. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan:

    • Perhatikan Ukuran Mobil

    Tips pertama, Anda harus perhatikan dulu ukuran mobil yang akan diderek. Pastikan bahwa ukuran kendaraan Anda lebih besar daripada mobil yang akan diderek. Sebab secara logika, akan sulit menderek kendaraan yang lebih besar. 

    Misalnya, jika Anda memakai tipe mobil city car maka akan sulit untuk menderek SUV. Apabila dipaksakan maka bisa saja mobil Anda mengalami kerusakan karena menarik beban yang berat. 

    Lalu bagaimana jika mobil yang mogok memang berukuran lebih besar? Sebaiknya cari bantuan untuk menderek kendaraan tersebut. Cari jenis kendaraan yang lebih besar atau setara dengan mobil yang akan diderek. 

    • Pakailah Tali Penarik

    Selanjutnya siapkan tali penarik yang bisa dipakai untuk derek mobil. Tali penarik semacam ini biasa disebut sebagai towing strap dan memang dipakai untuk menarik mobil yang mogok. 

    Pilihlah towing strap yang berkualitas bagus dan cukup kuat karena alat ini akan menarik beban yang tidak ringan. Pilih jenis towing strap dari bahan polyester atau nylon karena jauh lebih kuat dan direkomendasikan. 

    Towing strap ini memang tidak selalu digunakan dan hanya dibutuhkan pada saat-saat darurat. Alangkah jauh lebih baik jika Anda terus menyimpan atau membawa towing strap untuk berjaga-jaga.

    Freepik
    • Kaitkan dengan Tepat

    Salah satu tips menderek mobil yang penting sekali untuk diperhatikan adalah kaitkan towing strap dengan tepat dan kuat. Kaitkan tali tersebut di bagian tow hook atau tow point yang sudah tersedia di mobil Anda.