Berita

    Tips Membuat AC Mobil Tetap Dingin Selama Perjalanan Mudik

    AC mobil punya andil besar ketika kita menjalani ritual mudik ke kampung halaman. AC mobil yang bermasalah dipastikan mengurangi kenyamanan mudik. Sementara, AC mobil yang tetap dingin membuat perjalanan mudik lebih seru dan menyenangkan karena bebas gerah.

    Untuk membuat perjalanan semakin nyaman, kita harus melakukan beberapa cara ini di rumah ataupun nanti saat diperjalanan dan mungkin bisa menjadi solusi untuk menjaga agar AC mobil tidak bermasalah saat perjalanan mudik tanpa mengutak atik komponen AC mobil itu sendiri.

    Hanya beberapa langkah simpel untuk menjaga suhu AC tetap dingin saat perjalanan jauh. Yuk simak bersama cara mudahnya.

            1. Jaga kebersihan interior mobil

    Bersih atau tidaknya interior mobil cukup berdampak kepada kualitas AC mobil. Kabin yang kotor dapat membuat AC tidak dingin karena kotoran dengan mudah masuk ke bagian filter AC dan membuatnya tersumbat.

    Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal walaupun AC tetap menyala, karena AC tidak dapat berfungsi dengan baik yang disebabkan oleh penyumbatan pada filter AC.

    Ada baiknya sebagai pemilik mobil kita harus selalu memperhatikan kebersihan kabin, terutama karpet dan lantai mobil yang menjadi tempat pijakan penumpang serta pengendara. Selain itu saat melakukan perjalanan mudik usahakan tidak merokok di dalam kabin untuk menjaga suhu kabin tetap dingin.

            2. Buka kaca sebelum menyalakan AC

    Suhu di dalam mobil akan lebih panas daripada suhu di luar karena adanya udara yang terperangkap di kabin. Oleh karena itu, jangan langsung masuk ke mobil lalu diam di dalamnya dan menyalakan AC karena malah akan membuat udara jadi lebih panas.

    Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah buka semua kaca atau jendela mobil, lalu putar blower ke tingkat tertinggi sehingga AC dapat bekerja secara maksimal.

    Kamu juga wajib berlaku bijak saat membuka kaca mobil. Kondisi tertentu seperti ketika membayar tol atau parkir membuat kamu wajib membuka kaca mobil, dan itu tidak bisa dihindari.

    Segera tutup kaca mobil setelah urusan selesai sehingga kotoran tidak dapat masuk ke dalam kabin mobil. Usahakan untuk tidak membuka kaca jika tidak ada kepentingan. Perlakuan ini akan membuat kabin tetap sejuk dan kerja AC tidak terlalu berat.

            3. Matikan mesin dan AC beberapa saat