Berita

    Tips Perawatan Mobil dengan Kabin Luas

    Memiliki kendaraan yang berukuran besar mengharuskan Anda untuk mempelajari berbagai tips perawatan mobil dengan kabin luas. Pasalnya, area yang harus dibersihkan juga lebih luas dibandingkan dengan mobil berukuran kecil. 

    Jika bagian eksterior mobil bisa dengan mudah dicuci, berbeda dengan interiornya. Sebab, butuh penanganan khusus dalam membersihkan bagian ini. Lantas, seperti apa cara perawatan bagian interior dan kabin mobil yang luas? Berikut informasinya!

    Mempelajari Tips Perawatan Mobil dengan Kabin Luas dari Suzuki 

    Grand Vitara dan Xl7 Hybrid merupakan contoh mobil dengan ruang kabin yang luas dari Suzuki. Agar kenyamanan saat berkendara tidak terganggu, Anda bisa menerapkan berbagai tips dalam merawat kabin dan interior mobil, antara lain: 

    • Membersihkan Dashboard

    Komponen penting di dalam kabin yang kerap terabaikan adalah dashboard. Selain menyediakan ruang penyimpanan, komponen ini juga berguna menjadi alat untuk menutup area mesin dan juga berbagai kabel. 

    Merawat bagian dashboard sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan membersihkannya menggunakan kemoceng jika berdebu. 

    Apabila terdapat noda, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan kain lap yang telah dibasahi dengan air hangat. 

    Agar tidak mudah retak dan warnanya cepat pudar, gunakan sunshade atau pelindung dashboard. Jika memungkinkan, parkirlah mobil di dalam garasi atau carilah tempat yang teduh. 

    • Membersihkan Bagian Plafon Mobil

    Bagian interior yang juga kerap terabaikan adalah plafon mobil. Untuk membersihkan bagian ini, Anda bisa melakukan perawatan sesuai dengan jenis bahan plafon itu sendiri. 

    Untuk plafon dengan bahan fabric, gunakan pembersih khusus yang disemprotkan ke kain dengan serat yang halus. Barulah diusapkan ke plafon mobil secara searah dengan perlahan hingga bersih. 

    Sedangkan untuk plafon dengan bahan beludru bisa dibersihkan dengan menggunakan air lalu digosok dengan kain lap yang telah dibasahi air hingga bersih.

    • Merawat Jok Mobil

    Tips perawatan mobil dengan kabin luas berikutnya adalah memperhatikan kondisi jok mobil. Seperti halnya plafon, cara membersihkan kursi atau jok mobil disesuaikan dengan bahan lapisan jok tersebut. 

    membersihkan jok mobilFreepik.com

    Anda bisa menggunakan kemoceng atau vacum cleaner untuk menghalau debu kering dan kotoran di sela-sela jok. 

    Untuk jok mobil dengan bahan kulit atau vinyl bisa menggunakan produk pembersih sekaligus kondisioner kulit. Untuk jok mobil dari kain bisa dibersihkan dengan menggunakan pembersih khusus. 

    • Membersihkan Jendela dan Kaca Mobil

    Tips berikutnya adalah membersihkan semua jendela dan kaca mobil agar visibilitas saat berkendara tidak terganggu. 

    Untuk membersihkan bagian luar kaca bisa dengan menggunakan air dan kain lap, sedangkan bagian dalam menggunakan cairan khusus pembersih kaca. 

    • Membersihkan Karpet dan Pijakan Kaki 

    Jangan lupa untuk membersihkan pijakan kaki dan karpet mobil, terutama saat musim hujan. Sikat bagian pedal dengan menggunakan sikat gigi hingga bersih lalu keringkan. 

    Untuk karpet, Anda bisa mencuci lalu mengeringkannya untuk menghilangkan kotoran dan bau yang melekat di karpet. 

    Keunggulan Memiliki Mobil dengan Ruang Kabin yang Luas

    Selera mobil tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Jika telah memiliki anak, maka pilihannya adalah mobil dengan ruang kabin yang luas seperti Grand Vitara dan Xl7 Hybrid. 

    Beberapa keunggulan yang bisa dirasakan jika memiliki mobil dengan kabin luas diantaranya adalah: 

    • Bisa menyimpan kebutuhan barang anak saat bepergian keluar kota;

    • Lebih mudah dalam meletakkan baby car seat sehingga anak merasa nyaman selama perjalanan;

    • Menyimpan barang belanjaan; 

    • Mudah meletakkan barang berukuran besar dengan cara melipat kursi bagian dalam untuk menambah ruang. 

    Cari Mobil dengan Kabin Luas? Suzuki Solusinya!

    Dengan menerapkan berbagai tips perawatan mobil dengan kabin luas secara tepat membuat Anda terhindar dari biaya perbaikan yang mahal. Anda tertarik untuk membeli mobil dengan kabin luas merek Suzuki seperti seperti Grand Vitara atau All New Ertiga?