Berita

    Kenali Penyebab Kipas Radiator Mobil Rusak

    Pernahkah mobil Anda mengalami overheat? Bisa jadi penyebabnya karena kipas radiator mobil rusak. Sebab, komponen ini memiliki fungsi untuk mendinginkan mobil.

    Kipas radiator ini berfungsi menjaga suhu di mobil tetap ideal. Tak hanya itu, fungsi dari electric fan ini juga dapat mendinginkan suhu kondensor AC. Sehingga jika mengalami kerusakan, maka mesin bisa mengalami overheat.

    Lalu, apa ya penyebab kerusakan pada electric fan? Ketahui penjelasannya berikut ini!

    5 Faktor Kipas Radiator Mobil Rusak

    Sedikitnya ada lima hal yang bisa membuat kipas radiator mobil mati atau rusak, seperti:

    • Putusnya Kabel Konektor

    Electric fan membutuhkan kabel konektor supaya dapat berputar. Nah, jika kabel penghubung dengan listrik ini putus, jelas saja jika kipas mati atau rusak.

    Beberapa hal penyebab kabel putus yaitu kerusakan pada soket. Atau bahkan bisa juga karena umur pemakaian yang sudah lama, hingga kabel tergigit hewan.

    Anda bisa membawa ke bengkel terdekat untuk mengetahui perihal putusnya kabel ini. Supaya bisa segera diketahui penyebabnya dan dilakukan perbaikan dengan mengganti kabel rusak.

    • Jebolnya viscous fan

    Kipas memiliki viscous fan yang berperan sebagai pengontrol kecepatan. Kinerja dari komponen ini akan tinggi, apabila suhu mesin panas. Sebaliknya jika mesin sedang dingin, maka kinerjanya akan ringan. 

    Nah, apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut, maka kontrol kecepatan pun jadi berantakan. Bahkan bisa terbalik kinerjanya. Apabila suhu panas, kinerja rendah. Namun jika suhu sedang dingin, kinerjanya malah tinggi.

    • Sekring Putus

    Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai pengontrol arus listrik. Bisa dibilang, sekring merupakan pengaman, agar tidak ada arus yang berlebihan pada rangkaian kelistrikan.

    Makanya, jika sekring terputus, electric fan akan mati. Kalau sudah begini, Anda harus melakukan pemeriksaan keseluruhan pada seluruh kipas. Supaya apabila ada korsleting listrik, segera bisa diketahui.

    • Sensor Suhu Rusak

    Penyebab kipas radiator mobil rusak berikutnya adalah adanya kerusakan pada komponen sensor suhu pendingin. Ya, electric fan dilengkapi sensor untuk mendukung kinerjanya. Fungsi dari komponen ini sebenarnya untuk memberi tanda terkait suhu pada mesin pendingin.