Berita

    Tetap Bersih! Cara Merawat Dashboard Mobil Agar Tetap Nyaman

    Setiap komponen mobil memang perlu dijaga dan dirawat dengan baik, termasuk tentang kebersihannya. Merawat dashboard mobil juga merupakan hal yang tidak boleh diabaikan bagi setiap pemilik mobil.

    Mulai dari cara membersihkannya, hingga cara-cara perawatan dan kebiasaan lainnya, perlu menjadi perhatian Anda. Temukan penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini dan pastikan dashboard mobil Anda terawat dengan baik!

    Cara Membersihkan dan Merawat Dashboard Mobil

    Dashboard memiliki berbagai fungsi penting, misalnya sebagai tempat spedometer dan berbagai fitur lainnya yang membuat perjalanan Anda menjadi aman dan nyaman. Anda juga mungkin memanfaatkannya untuk meletakkan berbagai jenis barang kecil di sana.

    Maka dari itu, perawatannya perlu diperhatikan dengan baik. Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

    • Jika Ada Sisa Makanan atau Kotoran Lainnya yang Terlihat, Langsung Bersihkan

    Hal pertama yang penting untuk diperhatikan yaitu ketika Anda melihat ada kotoran di bagian dashboard termasuk stir mobil, misalnya sisa makanan yang menempel.

    membersihkan dashboard dan stirFreepik.com

    Langsung bersihkan kotoran tersebut supaya tidak menumpuk atau menempel lebih lama di sana. Jangan sampai ada kotoran yang justru mengendap di berbagai sela-sela, karena nantinya akan lebih sulit untuk dibersihkan.

    • Bersihkan secara Rutin dengan Penyedot Debu

    Selain penting untuk membersihkan kotoran yang terlihat dengan jelas, pembersihan rutin pun perlu dilakukan. Sama halnya dengan eksterior mobil, bagian interiornya pun tidak boleh dilupakan.

    Anda bisa melakukan pembersihan dashboard bersamaan dengan pembersihkan berbagai komponen interior mobil lainnya. Manfaatkan penyedot debu untuk membantu pembersihan ini.

    Bersihkan pula bagian sela-sela dashboard dari berbagai debu yang menempel. Dengan bantuan penyedot debu, kotoran yang berukuran kecil pun akan lebih mudah terangkat.

    • Gosok Permukaan Dashboard dengan Lembut

    Selain menggunakan penyedot debu, Anda juga bisa menggosok permukaanya dengan lembut. Manfaatkan cairan khusus pembersih dashboard, atau bisa juga dengan memakai air hangat.

    Anda bisa menggunakan kain lembut, tapi akan lebih baik juga menggunakan kain microfiber sehingga dapat meminimalisir berbagai risiko munculnya goresan atau baret.

    • Memanfaatkan Tisu Bayi

    Untuk membersihkan dan merawat dashboard, tisu bayi juga bisa dimanfaatkan. Anda dapat mengusapkannya ke bagian dashboard secara rutin untuk tetap menjaga kebersihannya.

    Berbagai jenis debu dan kotoran lainnya pun akan lebih mudah untuk dibersihkan secara rutin.

    Cara pembersihan yang satu ini juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan, sehingga Anda bisa melakukannya dengan maksimal. Misalnya, bersihkan dashboard setelah dan sebelum melakukan perjalanan.

    Dengan melakukannya secara rutin, maka kebersihan komponen dashboard pun akan lebih mudah terjaga.

    • Pakai Lapisan Pelindung

    Ketika Anda sedang memarkirkan mobil di luar ruangan, maka berbagai debu mungkin saja akan masuk dan menempel. Maka dari itu, ada baiknya untuk menggunakan lapisan pelindung.

    Lapisan ini dapat melindungi komponen dashboard, sehingga debu tidak mudah untuk menempel di sana.

    • Usahakan untuk Tidak Terlalu Sering Membuka Jendela Mobil

    Salah satu hal yang dapat membuat berbagai debu masuk ke interior mobil adalah kebiasaan terlalu sering membuka jendela mobil.

    Ketika Anda membuka jendela, maka debu di jalanan akan lebih mudah untuk masuk. Ini juga yang dapat menyebabkan berbagai debu akan lebih mudah menempel pada dashboard, karena komponen tersebut terletak di bagian depan mobil.

    Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak terlalu sering membuka jendela mobil ketika sedang berada di perjalanan. Jika ada keperluan untuk membuka jendela mobil, lakukan dengan cepat dan jangan lupa untuk kembali menutupnya.

    Cara-cara di atas perlu menjadi perhatian bagi setiap pemilik mobil, jika ingin dashboard-nya tetap bersih dan terawat dengan maksimal. Pada dasarnya, pembersihan rutin memang perlu dilakukan.